PRESPEKTIF SOSIOLOGI MAKRO TENTANG FENOMENA KOMUNIKASI


Hai semuanya, di materi kali ini kita akan membahas berbagai prespektif sosiologi dalam komunikasi juga media. Yuk kita simak!

 

Ranah Sosiologi Komunikasi

a.) Efek Media Massa

b.) Teknologi Telematika

c.) Individu, Kelompok, Masyarakat, Dunia

d.) Komunikasi

e.) Budaya Kosmopolitan

f.) Proses dan Interaksi Sosial

 

Ruang Lingkup Sosiologi Komunikasi

 

1. Sosiologi

Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka ragam gejala sosial (gejala ekonomi,  politik, hukum, ...). Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan gejala non sosial ( gejala biologis, gejala geografis,...)

2. Community

Sekelompok manusia yang telah hidup dan bekerjasama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri sendiri. Dan mengangggap diri mereka sebagai suatu kesatuan sosial.

3. Communication

Interaksi sosial melalui pesan pesan

4. Teknologi Telematika

Berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika

 

PERSPEKTIF SOSIOLOGI MEDIA

A. Perspektif Media

Media berasal dari bahasa latin Medius yang artinya “tengah, perantara, atau pengantar”

Media adalah semua saluran pesan yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dari seseorang kepada orang lain yang tidak ada dihadapannya. (McLuhan)

 

Fungsi Media menurut Lasswell dan Charles Wright

a.) Pengawasan ( surveillance of the environment )

b.) Korelasi (Correlation)

c.) Penyampaian warisan sosial 

d.) Hiburan (Entertainment)


B. Perspektif Fungsionalis

Perspektif ini melihat masyarakat dalam suatu jaringan kelompok yang bekerja sama secara terorganisasi. Perspektif fungsionalis menekankan pada empat hal berikut ini :

a.) Masyarakat tidak bisa hidup kecuali anggota-anggotanya mempunyai persamaan persepsi, sikap, dan nilai.

b.) Setiap bagian mempunyai kontribusi pada keseluruhan.

c.) Masing-masing bagian terintegrasi satu sama lain dan saling memberi dukungan.

d.) Masing-masing bagian memberi kekuatan, sehingga keseluruhan masyarakat menjadi stabil


C. Perspektif Konflik

Perspektif ini melihat masyarakat sebagai sesuatu yang selalu berubah. Setiap masyarakat senantiasa berada dalam proses perubahan yang tidak pernah berakhir atau dengan perkataan lain, perubahan sosial merupakan gejala yang melekat di dalam setiap masyarakat.

 

D. Psikologi Sosial

Hubert Bonner dalam bukunya “Social Psychology” mengatakan Psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia. Menitik beratkan pada tingkah laku individu, bukan tingkah laku sosial. Tingkah laku itulah yang pokok, yang menjadi sasaran utama dalam mempelajari psikologi sosial.


E. Perspektif Feminisme

Teori feminis berupaya menantang asumsi-asumsi gender yang hidup  dalam masyarakat dan mencapai cara yang lebih membebaskan wanita dan pria untuk hidup di dunia.

 

Komentar

Postingan Populer